Sharing Seputar Dunia Komputer, Blogging, Ms.Office dan Informasi

CARA MEMBUAT NOMOR HALAMAN YANG BERBEDA DI WORD

Bagi sahabat yang terbiasa bekerja dengan Ms. Word (saya menggunakan versi 2007) cara membuat nomor halaman, bukanlah suatu hal yang sulit namun berbeda halnya dengan rekan-rekan yang sedang menyusun sebuah naskah skripsi ataupun proposal karena bila diperhatikan secara seksama terdapat dua macam format penomoran yaitu: dimulai dari abstrak, lampiran sampai dengan daftar isi menggunakan angka romawi kecil sedangkan halaman selanjutnya menggunakan angka tetapi semuanya digabungkan dalam satu file.

Untuk mengatasi hal tersebut, dibutuhkan beberapa langkah saja yang urutannya adalah sebagai berikut :

1. Siapkan file skripsi yang ingin diberikan nomor halaman.

2. Klik tab Insert >> kemudian pilihlah Page Number >> Kemudian klik Format Page Numbers.

Cara memasukkan nomor halaman yang berbeda di Word, Menggabungkan dua format nomor halaman pada Ms. Word
 
Pada kotak Number format : Sebagai contoh pilihlah i, ii, iii... kemudian klik OK, maka secara otomatis semua halaman Word akan memiliki nomor halaman yang dimulai dari i dan seterusnya. Terdapat dua pilihan peletakkan nomor halaman ini yaitu di atas dan bawah, demikian juga dengan posisinya (kiri, tengah atau kanan) silahkan anda tentukan sendiri.

3. Kemudian tentukan halaman baru yang akan diubah penomorannya, misalkan format pertama berakhir di halaman v untuk itu letakkan kursor tepat di bawah garis header/luar area (jangan sampai lebih) yang terlihat pada halaman vi . Klik tab Page Layout >> lalu pilih Breaks >> kemudian Next page, untuk lebih jelasnya sahabat dapat memperhatikan gambar berikut :

Cara memasukkan nomor halaman yang berbeda di Word, Cara menggabungkan dua format nomor halaman yang berbeda pada Ms. Word

4. Kemudian ulangi langkah ke-dua yaitu memilih Page Number Format seperti sebelumnya, hanya saja yang membedakan adalah pemilihan jenis nomor yaitu : 1, 2, 3...

Dengan cara tersebut maka sekarang halaman skripsi yang sahabat buat akan memiliki dua format nomor yang berbeda akan tetapi tetap tergabung dalam satu file. Demikian sedikit tips Ms. Word yang dapat saya sampaikan dalam kesempatan kali ini, semoga dapat dengan mudah difahami.
Labels: TIPS, WORD

Terima kasih telah membaca CARA MEMBUAT NOMOR HALAMAN YANG BERBEDA DI WORD. Jika bermanfaat silahkan dishare

0 Comment for "CARA MEMBUAT NOMOR HALAMAN YANG BERBEDA DI WORD"

Silahkan berkomentar dengan bijak dan sopan. Kritik dan saran Anda adalah masukan berarti bagi saya.

Back To Top