20 February 2014

6 CIRI-CIRI AKUN FACEBOOK PALSU YANG HARUS DIWASPADAI

Ciri-ciri akun Facebook palsu - Sejak awal peluncurannya pada dunia maya, Facebook sudah menjadi sebuah jejaring sosial yang fenomenal baik karena pendaftarannya yang mudah, banyak fitur menarik yang ditawarkan ataupun kemudahan dalam mengaksesnya sehingga sampai saat ini masih menempati posisi nomor 1 dengan pengguna terbanyak di seluruh dunia.

Melihat fakta yang terjadi akhir-akhir ini seperti maraknya kasus penculikan, penipuan, pencemaran nama baik (baca : penyalahgunaan akun) membuat kita harus lebih waspada dalam menjalin hubungan pertemanan melalui Facebook dimana secara umum penggunaan akun dengan tujuan negatif ini adalah menggunakan akun palsu, sehingga kita memang berkewwajiban untuk mengetahui ciri-cirinya :

1. Tidak menampilkan foto profil asli
Foto profil adalah penanda awal untuk bisa menilai keaslian sebuah akun seseorang, bila yang anda temukan berupa foto seorang artis atau orang terkenal dan jumlahnya biasanya tidak lebih dari 3 buah maka dapat dikategorikan akun facebook tersebut palsu. Jangan mudah percaya dengan kecantikan atau ketampanan yang terlihat pada foto.


2. Jarang update status atau tidak pernah sama sekali
Pengguna aktif akan terlihat dengan seringnya membuat status entah itu ungkapan perasaan atau membagikan sesuatu melalui dindingnya. Jarang mengupdate status atau tidak pernah sama sekali mengindikasikan kalau akun tersebut adalah akun bayangan yang hanya dibuat untuk sekedar iseng saja.


3. Informasi diri sangat terbatas/janggal
Yang dimaksud disini adalah berbagai data yang ditampilkan pada sebuah profil seperti domisili, pekerjaan, pendidikan atau tahun kelahiran terlihat samar atau janggal, untuk poin ini anda tentunya dapat dengan mudah untuk menentukan keasliannya.


4. Menggunakan nama yang aneh
Walaupun tidak dapat dipastikan 100 % namun penggunaan nama yang aneh ini juga dapat dijadikan unsur tambahan untuk mengidentifikasi kebenaran sebuah akun. Namun sekali lagi saya tegaskan bahwa hal ini belum dapat digunakan sebagai satu-satunya alasan untuk memvonis, karena banyak juga pengguna asli yang menggunakan nama FB sedikit nyentrik dan terkesan dibuat-buat.


5. Interaksi yang sangat terbatas
Interaksi disini tidak termasuk chat, tetapi anda akan mudah mengetahui hal ini melalui minimnya komentar atau tidak ada tanggapan sama sekali bila seseorang langsung menghubungi melalui dindingnya. Anda juga dapat memasukkan poin ini sebagai penilaian.


6. Jumlah teman tidak banyak
Anda tentunya sudah dapat menebak mengapa pembuat akun facebook aspal ini tidak memiliki teman yang banyak. Hal tersebut sebenarnya lebih disebabkan karena orang enggan untuk menjalin perrtemananan dengannya karena sudah curiga dengan berbagai kejanggalan-kejanggalan yang ada seperti beberapa hal yang telah saya jelaskan pada poin sebelumnya.


Untuk menyimpulkan sebuah akun dapat dikategorikan asli ataupun palsu memang tidak dapat serta merta diketahi dengan hanya melihat satu atau dua item saja pada poin tersebut akan tetapi semuanya harus dilihat sebagai satu kesatuan yang tak terpisahkan.

Namun hal yang perlu digaris bawahi untuk dijadikan acuan dalam hal ini adalah sejauh mana transparansi identitas yang dimiliki. Pada kasus yang berbeda banyak juga pihak yang tidak ingin menampilkan identitasnya secara penuh dengan alasan untuk menjaga privasi.

Menurut penilaian saya Facebook hanyalah sebuah sarana saja sedangkan nilai positif ataupun negatif yang diperoleh sangat tergantung dari penggunanya sendiri, jadi kita harus proporsional dalam menyikapi permasalahan ini.

Tambahan : 

1. Jangan menjalin hubungan pertemanan dengan orang-orang yang sama sekali belum dikenal atau jika anda masih ragu coba lihat dan pelajari profilnya terlebih dahulu.

2. Awasilah penggunaan Facebook bagi anggota keluarga anda yang masih dibawah umur dan masih memerlukan bimbingan.

Written by: goez ini
Tips dan Trik, Updated at: 12:40 AM

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bijak dan sopan. Kritik dan saran Anda adalah masukan berarti bagi saya.