29 November 2013

RUMUS-RUMUS DASAR DAN PENGGUNAANNYA PADA EXCEL

Setelah beberapa waktu yang lalu saya menuliskan tentang Fungsi IF sederhana dan bertingkat pada Excel, sempat terfikir kalau tulisan tersebut akan lebih mudah difahami oleh rekan-rekan yang telah mengerti tentang rumus dasar pengoperasian pada Excel, nah bagaimana dengan sahabat yang sama sekali baru belajar atau ingin memperdalam penggunaan Ms. Office yang satu ini.

Atas dasar pertimbangan itulah saya berkeinginan membuat postingan ini, tujuannya agar kita sama-sama dapat memanfaatkan kemudahan yang ditawarkan Excel saat mengolah data dan angka. Jadi maaf, tulisan ini bukan untuk dibaca oleh sahabat yang telah mahir atau bisa dibilang master Excel :).

Baiklah, sekarang kita coba mengupas sedikit dasar-dasar operasi atau rumus yang umumnya digunakan saat bekerja dengan Excel.

Tanda sama dengan (=)
Tanda ini menurut saya adalah lambang terpenting dalam pengoperasian Excel, tanpanya maka baik itu penjumlahan, pengurangan dan pembagian tidak akan bisa dijalankan dengan kata lain semua perhitungan selalu diawali tanda = .

◊ Tanda Plus (+)
Lambang ini digunakan saat sahabat ingin melakukan penjumlahan antar sel, misalkan saja :
Pada sel A1-----> diketikkan angka 5
Pada sel A2------> diketikkan angka 7
Kemudian kita ingin menjumlahkan angka pada kedua sel tersebut pada sel A3, sehingga rumus yang diketikkan adalah : 
Pada sel A3-------> diketik =A1+A2 atau bila jumlah data dalam sebuah sel cukup banyak anda dapat menggunakan fungsi "Autosum" yang ditandai dengan lambang sigma Σ. Cara penggunaanya,letakkan kursor pada salah satu sel kosong dan klik sekali tanda sigma tesebut (letaknya disebelah kanan atas lembar Excel) kemudian arahkan mouse pada angka-angka yang ingin dijumlahkan dengan cara menarik tanda titik-titik yang muncul pada seluruh sel yang ingin dijumlahkan. Dengan contoh yang sama bila menggunakan rumus autosum akan menjadi =SUM(A1:A2)

◊ Tanda Minus (-)
Tanda ini digunakan untuk melakukan operasi pengurangan antara sel yang satu dengan yang lainnya. Misalkan :
Sel B1-----> berisi angka 9
Sel B2-----> berisi angka 6
Pada sel B3 kita ingin melakukan pengurangan sel B1 terhadap B2, sehingga rumusnya menjadi =B1-B2

◊ Tanda slash (/)
Untuk melakukan operasi pembagian maka rumus slash "/" inilah yang digunakan.
misalkan :
Sel C1-----> berisi angka 100
Sel C2-----> berisi angka 20
Kemudian kita ingin membagi jumlah sel C1 terhadap angka yang terdapat pada sel C2 pada sel C3, sehingga rumus yang kita ketikkan pada C3 adalah =C1/C2

◊ Tanda (*)
Tanda bintang ini digunakan saat anda ingin melakukan operasi perkalian antar sel, untuk pengaplikasiannya sama saja dengan contoh-contoh sebelumnya hanya saja simbol yang digunakan adalah *

Tambahan :
Untuk lebih mempercepat sebuah operasi perhitungan, setelah mengetikkan tanda "=" (tanpa tanda kutip) pada sebuah sel yang telah ditentukan kemudian kliklah angka-angka pada sel-sel yang ingin dijumlahkan, dikurangi atau dibagi dan diakhiri dengan  satu kali "Enter".

Bila rumus pada sebuah kolom adalah sama, anda tinggal mendrag pointer mouse (arahkan pointer ke pojok kanan bawah sel yang ditandai sampai muncul tanda plus + kemudian tahan dan tarik pointer mouse sampai dengan sel yang telah ditentukan), cara ini dapat juga dikatakan sebagai cara cepat untuk meng-copy rumus.

Untuk rekan-rekan yang baru saja menggunakan Excel, mungkin ini dulu yang dapat saya sampaikan. Rumus dasar ini dapat dikembangkan lagi tergantung kebutuhan, rajin berlatih adalah kunci utama untuk lebih memahami berbagai operasi perhitungan pada Excel.

Written by: goez ini
Tips dan Trik, Updated at: 9:02 PM

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bijak dan sopan. Kritik dan saran Anda adalah masukan berarti bagi saya.